Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA
.............................
Mata Pelajaran : Seni
Budaya
Kelas/Semester : X
/ 1
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni
rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan
teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Menjelaskan pengertian
seni rupa terapan
Menyebutkan dan
menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
Menyebutkan dan
menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
Menyebutkan model/corak
ukiran Madura
Menggambar motif-motif
ukiran Madura
Menyebutkan sikap
apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
|
Menghargai keberagaman,
nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin,
demokratis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif (Mengemukakan
gagasan baru)
Mandiri (Mampu mencari
sumber belajar sendiri)
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat
mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
daerah setempat
§ Siswa dapat menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
E. Materi
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 dan 2
1. Karya
seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan
fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2. Sikap
apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan
menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3. Seni
ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)
F. Metode
Pembelajaran
§ Diskusi kelompok, tanya
jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengidentifikasi keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
· Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
§
Keunikan
gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
·
Sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Madura
|
§
Siswa dapat Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan
teknik seni rupa terapan daerah Madura
§
Siswa dapat Praktik menggambar motif cakra
·
Siswa dapat Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
|
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat
pemahaman tentang karya seni rupa
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya
menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi
karya seni rupa terapan
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
berdialog dan berdiskusi, siswa
diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Dengan berdiskusi
dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik
seni rupa terapan daerah Madura
·
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis,
dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang
lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan bimbingan guru
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
· Siswa dan guru
melakukan refleksi
·
Guru memberikan tugas rumah (PR)
H. Alat dan Bahan
1. Alat
: alat gambar
2. Sumber
belajar :
§ Buku paket
§ Buku lain yang relevan
(LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Jelaskan
yang disebut karya seni rupa terapan!
2. Sebutkan
keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3. Sebutkan
minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4. Sebutkan
motif-motif ukiran Madura!
5. Bagaimana
saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA
.............................
Mata Pelajaran : Seni
Budaya
Kelas/Semester : X
/ 1
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
2.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Menjelaskan tentang
merancang karya seni rupa terapan
Menyebutkan
persiapan-persiapan merancang karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah
Jepara
Mempraktikkan
teknik-teknik pembuatan ukiran
Menyebutkan dan
menggambar macam-macam pola ukiran
Menyebutkan alat-alat
yang digunakan dalam pembuatan ukiran
Membuat karya seni rupa
terapan secara sederhana, dengan berkelompok.
|
Menghargai keberagaman,
nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin,
demokratis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif (Mengemukakan
gagasan baru)
Mandiri (Mampu mencari
sumber belajar sendiri)
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat merancang karya
seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
§ Siswa dapat membuat karya
seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
E. Materi
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-3 dan 4
1. Dalam
merancang seni ukir perlu persiapan-persiapan antara lain persiapan konstruksi
barang, persiapan pola gambar hiasan dan ukiran
2. Dalam
membuat karya seni ukir diperlukan alat-alat pokok, alat dan perkakas
perlengkapan, dan urutan pelaksanaan mengukir
F. Metode
Pembelajaran
§ Diskusi kelompok, tanya
jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Merancang karya seni rupa
terapan dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
· Membuat karya seni rupa
terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
· Merancang karya seni rupa
terapan daerah Jepara
·
Membuat
karya seni rupa terapan
|
· Siswa dapat Diskusi dan tanya jawab
tentang cara merancang karya seni rupa terapan daerah Jepara
· Siswa dapat Praktik menggambar pola
ukiran
·
Siswa dapat Tanya jawab tentang cara membuat karya seni rupa
terapan
|
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-3 dan 4
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat
pemahaman tentang apresiasi karya seni rupa terapan daerah Madura
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya
menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam merancang dan
membuat karya seni rupa
daerah Jepara
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Dengan
berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami persiapan dalam membuat
rancangan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·
Dengan
berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak memahami masalah yang berkaitan dengan
cara membuat karya seni rupa terapan
·
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang cara merancang dan membuat karya
seni ukir
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman,
nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang
lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan bimbingan
guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis.);
· Siswa dan guru
melakukan refleksi(nilai
yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang
lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·
Guru memberikan
tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis,
dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
H. Alat dan Bahan
1. Alat
: peralatan mengukir
2. Sumber
belajar :
§ Buku paket
§ Buku lain yang relevan
(LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis
: kuis dan tugas individu
2. Bentuk
instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Sebutkan
tiga teknik membuat pola ukiran!
2. Jelaskan
yang disebut pola ukiran endong!
3. Sebutkan
alat-alat pokok mengukir kayu!
4. Sebutkan
macam-macam pahat, gambarkan salah satunya!
5. Sebutkan
macam-macam cara pemolesan!
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar