Sabtu, 01 September 2012


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )

Nama Sekolah               :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              : Seni Budaya
Kelas/Semester             : X / 1
Alokasi Waktu               :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A.   Standar Kompetensi
1.       Mengapresiasi karya seni rupa

B.   Kompetensi Dasar
1.1     Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
  Menyebutkan model/corak ukiran Madura
  Menggambar motif-motif ukiran Madura
  Menyebutkan sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
§  Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

E.   Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1.   Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2.   Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3.   Seni ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)

F.   Metode Pembelajaran
§  Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
·   Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
§ Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
·   Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
§ Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
§ Siswa dapat  Praktik menggambar motif cakra
·   Siswa dapat  Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa

Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·       Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·       Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Madura
·                   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·       Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·       Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
·       Siswa dan guru melakukan refleksi
·       Guru memberikan tugas rumah (PR)

H.   Alat dan Bahan
1.   Alat : alat gambar
2.   Sumber belajar :
§  Buku paket
§  Buku lain yang relevan (LKS)

I.    Penilaian
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Jelaskan yang disebut karya seni rupa terapan!
2.   Sebutkan keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3.   Sebutkan minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4.   Sebutkan motif-motif ukiran Madura!
5.   Bagaimana saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                                  ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                       Guru Mata Pelajaran



……………………........                                      ...................................
NIP/NRK.......................                                                NIP/NRK....................

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah               :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              : Seni Budaya
Kelas/Semester             : X / 1
Alokasi Waktu               :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)


A.   Standar Kompetensi
2.       Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

B.   Kompetensi Dasar
2.1     Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
2.2     Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi    :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan tentang merancang karya seni rupa terapan
  Menyebutkan persiapan-persiapan merancang karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah Jepara
  Mempraktikkan teknik-teknik pembuatan ukiran
  Menyebutkan dan menggambar macam-macam pola ukiran
  Menyebutkan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan ukiran
  Membuat karya seni rupa terapan secara sederhana, dengan berkelompok.
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
§  Siswa dapat membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

E.   Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-3 dan 4
1.   Dalam merancang seni ukir perlu persiapan-persiapan antara lain persiapan konstruksi barang, persiapan pola gambar hiasan dan ukiran
2.   Dalam membuat karya seni ukir diperlukan alat-alat pokok, alat dan perkakas perlengkapan, dan urutan pelaksanaan mengukir

F.   Metode Pembelajaran
§  Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Merancang karya seni rupa terapan dengan  memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
·   Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
·   Merancang karya seni rupa terapan daerah Jepara
·   Membuat karya seni rupa terapan
·   Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab tentang cara merancang karya seni rupa terapan daerah Jepara
·   Siswa dapat  Praktik menggambar pola ukiran
·   Siswa dapat  Tanya jawab tentang cara membuat karya seni rupa terapan

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-3 dan 4
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang apresiasi karya seni rupa terapan daerah Madura
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam merancang dan
membuat karya seni rupa daerah Jepara

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·       Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami persiapan dalam membuat rancangan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·       Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak memahami masalah yang berkaitan dengan cara membuat karya seni rupa terapan
·       Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang cara merancang dan membuat karya seni ukir
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·       Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·       Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

Penutup
·       Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·       Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
·       Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

H.   Alat dan Bahan
1.   Alat : peralatan mengukir
2.   Sumber belajar :
§  Buku paket
§  Buku lain yang relevan (LKS)
I.    Penilaian
1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.   Sebutkan tiga teknik membuat pola ukiran!
2.   Jelaskan yang disebut pola ukiran endong!
3.   Sebutkan alat-alat pokok mengukir kayu!
4.   Sebutkan macam-macam pahat, gambarkan salah satunya!
5.   Sebutkan macam-macam cara pemolesan!

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


Mengetahui,                                                                  ...... ……….................
Kepala Sekolah..........                                       Guru Mata Pelajaran



……………………........                                      ...................................
NIP/NRK.......................                                                NIP/NRK....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar